Sabtu, 03 November 2012

Membuat papercraft bag.1



Paper craft adalah suatu karya seni melipat (origami) yang bentuk akhirnya merupakan hasil duplikasi barang/benda nyata dan terbuat dari kertas.
Awal mula saya tertarik pada paper craft yaitu sejak banyaknya gambar dan foto-foto danbo yang booming di internet, karena gambarnya sangat lucu dan penuh ekspresi sehingga saya tertarik untuk mencari tahu tentang danbo tersebut. Danbo adalah sebuah boneka mainan jepang yang aslinya terbuat dari bahan plastik seperti layaknya mainan pada umumnya. Danbo Paper Craft adalah sebuah bentuk duplikasi dari boneka mainan jepang tersebut yang terbuat dari kertas/paper.
            Saya mulai mencari tahu nama dari mainan tersebut, sebelum mengetahui nama dari boneka mainan jepang itu adalah danbo saya bertanya pada mesin pencari luar biasa yaitu mbah google :p saat itu keyword yang saya gunakan adalah ‘boneka kardus’ dan muncullah danbo. Dari situ saya mulai mengetahui bahwa danbo adalah mainan. Rasanya ingin sekali memiliki salah satu dari danbo tersebut, saya pun mengetahui bahwa danbo asli adalah yang di jual oleh Amazone.co.jp dan dengan biaya yang cukup mahal. Karna tidak mungkin rasanya untuk saya memesan/membeli sebuah danbo dan saya juga mengetahui bahwa danbo bisa di buat dari kertas, akhirnya saya berniat untuk menciptakannya sendiri dengan cara membuatnya dari kertas (paper craft), saya mulai mendownload template danbo tsb.
Danbo pertama saya berhasil tersambung dengan rapi menggunakan lem dan sedikit solasi, saya sangat senang walaupun ada bagian cacat dari danbo pertama saya tsb yaitu tangan kanannya tidak bisa bergerak dengan semestinya. Rasa penasaran untuk membuat yang lebih bagus pun muncul akhirnya saya juga mengetahui bahwa diperlukan peralatan khusus untuk memudahkan kita dalam membuat paper craft.
Kemudian, saya memesan perlatan pembantu untuk membuat paper craft, peralatan tersebut yaitu sebuah pisau pensil (cutting pen) dan tatakan untuk memotong kertasnya yang disebut juga cutting map.
Setelah saya memiliki peralatan tersebut saya mencoba membuat danbo lagi dan berharap hasilnya akan lebih memuaskan. Dengan dibantu dengan lem fox sebagai perekat maka jadilah sebuah danbo dengan potongan rapih dan dapat bergerak dengan sangat sempurna J.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar