Minggu, 18 November 2012

Pengembangan Alinea


untuk tugas bahasa indonesia kali ini, saya akan mendeskripsikan tentang operating sistem linux dengan 3 metode pengembangan alenia. alenia pertama dengan menggunakan deskripsi, kedua dengan menggunakan contoh, dan ketiga dengan menggunakan sebab akibat.

Linux

Mungkin saat anda mengdengar kata linux, yang terfikirkan oleh anda adalah linux sebuah operating system yang susah di gunakan, berbasis text, banyak command-command yang susah dan sangat tidak user friendly (susah di gunakan). Mungkin dahulu memang seperti itu lah linux, tapi seiring dengan perkembangan jaman linux sudah berubah dan semakin mudah di gunakan. Linux adalah sebuah operating system berbasis open source (terbuka) Saya akan menceritakan sejarah singkat tentang linux, nama “linux” berasal dari nama pembuatnya yaitu linus torvalds dan di perkenalkan pada tahun 1991, sebelumnya operating system ini bernama UNIX di implementasi tahun 1960-an dan di rilis tahun 1970-an, karena linux sifatnya terbuka linux dapat di modifikasi systemnya dan dengan mudah dapat di kembangkan, pemegang lisensi linux adalah penciptanya yaitu linus torvalds. Semakin berkembangnya jaman, linux pun semakin bagus dan mempunyai tampilan desktop layaknya windows, tampilan desktop linux ada 2 type yaitu GNOME dan KDE, dan sekarang linux sudah banyak di gunakan di kantor-kantor, sebagai server, sebagai office station dan masih banyak lagi kegunaan linux.

            Sekarang banyak sekali distro linux yang beredar, distro linux singkatan dari distribusi linux yang artinya turunan dari linux itu sendiri, turunan ini tercipta karena system linux yang sudah di ubah, di perbarui dan di distribusikan tentunya secara gratis juga. Sedikit distro linux yang saya ketahui ada linux RED HAT, linux SUSE, linux DEBIAN dan masih banyak lagi distro-distro linux lainnya, dan 3 itu termasuk distro linux terbesar sampai sekarang. Dari setiap distro yang ada system nya mungkin tidak berbeda jauh yang berbeda adalah type tampilannya ada yang KDE ada yang GNOME dan berbeda dari segi kegunaannya, contohnya DEBIAN dan SUSE sangat cocok untuk di rumah dan di kantor-kantor sedangkan RED HAT cocok untuk server karena paket keamanannya lebih komplit. Dari distro SUSE dan DEBIAN menghasilkan distro-distro turunan, distro turunan SUSE adalah OPEN SUSE, perusahaan distro SUSE juga membuat OPEN SUSE yang komersial alias bayar tentunya dengan paket yang lebih lengkap dan system yang lebih canggih. Perusahaan distro DEBIAN adalah perusahaan distro yang sudah sangat banyak mengeluarkan distro turunan mungkin sekitar puluhan distro, beberapa yang saya tahu ada UBUNTU, KUBUNTU, XANDROS, KNOPPIX dan masih banyak lagi. Distro turunan juga ada yang di buat oleh anak Indonesia yaitu distro BLANKON.

            Kenapa kita harus memilih linux dari pada windows? Banyak sekali kelebihan linux dari pada windows tetapi linux juga tidak luput dari kekurangan.
Kelebihan linux:

  1.      Stabil (tidak mudah not responding)
  2.       Tidak mudah terserang virus
  3.       Free (gratis)
  4.       Open source (dapat di edit sistemnya)
  5.       Dapat menjadi server atau router
  6.       Keamanan yang terjamin

Kekurangan linux :

  1.     Banyak program di windows yang kurang compatible di linux
  2.     Butuh kebiasaan saat memakai linux
  3.     Tampilan yang berbeda dari windows
  4.     Susah saat menginstal linux

Itu beberapa kelebihan dan kekurangan linux. Untuk anda yang suka gratis pasti akan memilih linux, saya juga masih belajar tentang linux supaya terbiasa saat menggunakannya.


            

Tidak ada komentar:

Posting Komentar